Selamat datang datang sahabatku semua, post ini saya sajikan sebagai pembuka untuk menumbuhkan semangat saya dalam menulis kembali di blog lama ini namun baru aktif dan insya'allah seterusnya akan aktif, sebagai catatan saya pribadi.

Ok..!!! Sekilas tentang mail merge ialah fitur yang terdapat di microsoft word yang berfungsi untuk menampilkan data yang berubah dalam 1 file dokumen word, sedangkan data tersebut dapat diambil dari data microsoft exel. dalam segi fungsi mail merge sering digunakan untuk mencetak undangan, biodata pribadi atau sejenisnya yang memiliki data pokok seperti nama, alamat, nomor telepon dan sebagainya.

Baiklah, mari kita mulai untuk membuat mail merge, sebelumnya yang harus anda persiapkan adalah 
  1. Microsoft Office Word 
  2. Microsoft Office Exel
  3. Pendukung lainnya
* Saya menggunakan Microsoft Office 2013 dalam tutorial ini

Mulai

  1. Buka aplikasi Microsoft Office Word anda di Start --> All Program --> Microsoft Office -->  Office Word.
  2. Kemudian Pilih menu Mailings --> Start Mailing Merge.
  3. Pilih Template yang anda diinginkan, anda bisa memilih letters, email messages, envelopes dan lainnya atau juga anda bisa custom halaman dokumen anda.
  4. Langkah selanjutnya siapkan data exel anda yang insinya data Nama, Alamat, No Telpon hanya untuk contoh. dan silahkan anda membuatnya dan save seperti gambar dibawah ini.


    oke, anda sudah selesai membuatnya :D

    ** Pastikan Microsoft Office anda masih berada pada mode menu Mailings 
  5. Ok. Selanjutnya pindah pilih menu Select Recipients --> Use an Existing List --> Cari File yang anda save tadi dan akan mucul tampilan seperti pada gambar dibawah ini dan click Ok.


    * Pastikan setelah anda click tombol Ok, tidak muncul pesan error..!
  6. dan saya sudah membuat template sederhana selanjutnya pastikan pointer sudah menempatkan posisi yang akan di inputkan data.  setelah itu click menu Insert Merge Field --> Pilih Sesuai Field Informasi. dan ulangi untuk insert field yang lainnya.
  7. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.

  8. Untuk melihat hasilnya click menu Preview Results dan untuk mengganti data berikutnya click tombol next pada menu disamping menu Preview Results.
  9. Print dan Selesai.


-- Terimakasih Atas Kunjingannya, Semoga Bermanfaat --

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top